Cek Cara Daftar Prakerja

Pada hari pertama peluncuran Program PraKerja dari Kementrian Ketenagakerjaan RI, saya mencoba mendaftar dan mengikuti alur proses pendaftaran hingga pelaksanaan tes prakerja secara online. Jujur saja, hanya penasaran seperti apa prosedur proyek yang konon katanya secara dana APBN yang dialokasi untuk kartu pekerja sendiri mencapai 20 Trilliun rupiah.

Beberapa hari sebelumnya saya sudah mencoba untuk membuka website tapi tombol Daftar dan Masuk  memang masih belum dibuka hingga pada tanggal 11 April saya berhasil mendaftar. Berikut beberapa langkah pendaftaran hingga tes motivasi dan kemampuan dasar yang saya ikuti di website resmi Prakerja.

Pada tampilan halaman utama (dashboard) setelah berhasil daftar dan masuk akan muncul seeprti di bawah ini. Terdapat petunjuk sebelum pengerjaan dan mengenai tes.

cara daftar prakerja
Sebelum mengikuti tes, saya sempat deg-degan apakah saya memenuhi kualifikasi untuk mengikuti tes, apakah dibutuhkan kemampuan analisa dan matematika tinggi, apakah saya perlu menyiapkan kalkulator, apakah pelaksanaan online test ini akan diawasi dengan live camera, dan sebagainya. Berbagai pertanyaan menyeliputi pikiran saya. Namun saya tetap berusaha percaya diri dan menekan tombol Mulai Tes Sekarang.

cara daftar prakerja

 

Pada pertanyaan pertama hingga terakhir saya agak terkejut apakah benar ini tipe pertanyaan yang layak ditanyakan kepada orang dewasa yang mampu bekerja dan minimal berpendidikan SMA/SMK ke atas. Saya sangat terkejut ketika pertanyaan sangat sangat dasar bahkan untuk siswa sekolah dasar sekali pun. Pada pertanyaan kedua ditanyakan : 8 + 1. Bahkan perjumlahan yang ditanyakan hanya 1 bilangan saja, bukan ratusan apalagi belasan.

Pertanyaan umum diluar matematika juga cukup mengejutkan saya, seperti apakah kamu termasuk orang yang memiliki motivasi, dengan pilihan ganda : tidak termotivasi – agak termotivasi – sangat termotivasi.

Terdapat 18 pertanyaan dengan semua pilihan ganda yang harus diselesaikan dalam waktu 25 menit. Saya masih tidak percaya ketika saya menyelesaikan hanya dalam waktu 5 menit dan tidak ada sesi pertanyaan lanjutan.

Pertanyaan saya bagaimana pemerintah menentukan siapa yang layak mendapatkan bantuan prakerja sejumlah 2.4juta dalam 4 bulan berturut-turut (sekitar 600ribu rupiah per bulan).Apakah tidak ada essay atau interview dalam proses seleksi selanjutnya ? Mengetahui darimana calon peserta layak mendapatkan bantuan atau tidak. Mengingat ada sejumlah artis yang katanya mendapatkan bantuan prakerja ini.

 

cara daftar prakerja

Entahlah seperti apa proses seleksi penerimaan tidak pernah transparan dalam program pemerintah. Toh saya hanya penasaran saja kan dari awal seperti apa, apakah sudah lebih maju atau masih sama aja tempo doeloe.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>